Kedudukan Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka di Indonesia

Ideologi terbuka adalah ideologi yang tidak dimutlakkan. dapat diartikan juga bahwa cita-cita dn nilai-nilainya tidak dipaksakan dari luar.
Kedudukan Pancasila Sebagai Ideologi

Pancasila sebagai ideologi, yaitu Pancasila menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia dan jadi acuan dasar dalam menyelanggarakan kehidupan berbangsa dan bernegara. Terbuka berarti bisa beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan hal-hal baru sesuai dengan tuntutan zaman. Tetapi tanpa menghilangkan atau mengubah nilai-nilai dasar yang termuat dalam pacasila itu sendiri.

Pancasila adalah dasar negara Indonesia sekaligus sebagai ideologi atau cara berpikir dari bangsa Indonesia. Pancasila terdiri atas 5 sila yang masing-masingnya memiliki nilai-nilai luhur yang digali langsung oleh para pendiri bangsa dari dalam diri Indonesia.

Nilai-nilai pancasila sudah hidup ribuan tahun lamanya dalam kebudayaan bangsa Indonesia. Nilai-nilai tersebut mampu hidup sekian lama karena sifatnya yang universal sehingga terbuka pada perubahan-perubahan sebagai akibat dari perkembangan zaman. Namun keterbukaan tersebut tidak lantas mengubah atau menghilangkan nilai dasar yang ada dalam sila-sila pancasila.

Selanjutnya pada tiap paragraph ini kurang lebih memiliki pengertian yang sama, jadi kalau mau kopas jawaban seperlunya saja, satu atau dua paragraf cukuplah. Jangan semua di kopas, nanti malah pusing. Juga nanti bisa ketahuan Guru. Pilih satu atau dua paragraf biar, berfariasi supaya tidak sama dengan temannya

arti ideologi terbuka

Ideologi terbuka adalah ideologi yang tidak dimutlakkan. dapat diartikan juga bahwa cita-cita dn nilai-nilainya tidak dipaksakan dari luar, melainkan diambil dan digali dari kekayaan rohani, moral , dan buadaya masyarakatnya sendiri. 

Ideologi terbuka adalah ideologi yang bersumber dari pandangan hidup bangsa. Nilai nilai yg menjadi ide, gagasan dan cita cita yg terkandung dari budaya dan kepribadian bangsa.

Ideologi terbuka adalah ideologi yang mampu mengikuti perkembangan jaman dan bersifat dinamis atau merupakan suatu sistem pemikiran terbuka yang merupakan hasil konsensus dari masyarakat itu sendiri, nilai-nilai dari cita-citanya tidak dipaksakan dari luar melainkan digali dan diambil dari suatu kekayaan, rohani, moral dan budaya masyarakat itu sendiri.

Ideologi tertutup adalah pandangan hidup yang bersifat kaku, mutlak, dan tidak dapat dirubah–rubah kembali sehingga ajaran yang menentukan tujuan serta norma politik dan sosial tidak dapat dipersoalkan lagi.

Pembahasan

Ideologi terbuka adalah pandangan hidup yang tidak bersifat kaku, bersifat dinamis, serta fleksibel dalam berkembang dan bertumbuh mengikuti tuntutan perkembangan zaman. Ideologi ini ada karena bersumber dari nilai–nilai yang terdapat dalam masyarakatnya, sehingga ideologi ini dapat selalu memenuhi cita–cita bangsa yang menggunakannya sesuai dengan tuntutan jaman.

Ideologi tertutup adalah pandangan hidup yang bersifat kaku, mutlak, dan tidak dapat dirubah–rubah kembali sehingga ajaran yang menentukan tujuan serta norma politik dan sosial tidak dapat dipersoalkan lagi. Ideologi inipun ada bukan karena berasal dari masyarakat itu sendiri melainkan berasal dari keinginan dan cita–cita suatu kelompok tertentu, sehingga ideologi ini sangat bersifat memaksa, keras, dan sangat mengatur berbagai bidang kehidupan rakyatnya.

Tags