Demo dan Penjarahan di Chile akibat Dana Pensiun Diswastakan

Orang Chili marah lagi. Terlepas dari lockdown karena covid-19, terjadi gelombang demonstrasi  beberapa penjarahan di Santiago dan berbagai kota lain pada malam 14 Juli 2020. Keesokan harinya Presiden Sebastián Piñera mengalami kekalahan besar sidang kongres untuk perubahan sistem pensiun yang diprivatisasi.
Demo dan Penjarahan di Chile akibat Dana Pensiun Diswastakan

Sekarang ada bahaya nyata bahwa protes jalanan besar yang dialami pada Oktober-November tahun lalu mungkin akan kembali menyala. Protes tahun lalu dipicu oleh kenaikan tarif di sistem Santiago Metro, tetapi sebenarnya tentang ketidaksetaraan yang meluas, gaji yang tidak mencukupi, pensiun yang buruk, dan rasa pengucilan sosial yang mendalam. Kali ini sistem pensiun swasta yang sangat tidak disukai, sumber ketidakpuasan publik yang sudah berlangsung lama, sekali lagi menjadi pusat perselisihan. Ini telah memicu putaran baru protes panci dan wajan di beberapa bagian Santiago dan beberapa barikade jalanan dan penjarahan supermarket.

Perusahaan pensiun swasta (Administradoras de Fondos de Pensiones - AFPs) mengelola rekening tabungan, di mana 10% gaji dibayarkan ke dalam pot pensiun masing-masing individu dan diinvestasikan atas namanya. Sistem yang hampir berusia 40 tahun (dirancang oleh saudara laki-laki Presiden Piñera José selama kediktatoran militer di awal 1980-an) secara luas tidak disukai karena sebagian besar pensiun yang dibayarkan tidak mencukupi, dan jauh di bawah upah minimum.

Partai politik oposisi telah berkampanye untuk undang-undang darurat yang, dalam konteks kesulitan yang disebabkan oleh pandemi Covid-19, akan memungkinkan kontributor hanya sekali kesempatan untuk menarik hingga 10% dari akumulasi pot pensiun mereka. Rencana tersebut populer: menurut survei yang dilakukan oleh lembaga survei lokal Cadem bulan ini, ia mendapat dukungan dari 83% opini publik. Tetapi pemerintah menentangnya, dengan alasan bahwa hal itu akan mempersulit reformasi sistem pensiun di masa depan.

Untuk saat ini, oposisi tampaknya berada di atas angin. Dalam pemungutan suara 95-36 yang diadakan pada 15 Juli, majelis deputi menyetujui rencana penarikan. Tidak menyenangkan bagi pemerintahan Piñera, 13 anggota sayap kanan yang berkuasa koalisi Chili Vamos memutuskan garis resmi dan memberikan suara bersama dengan oposisi. Ada 22 abstain.

Upaya pemerintah untuk menawarkan paket alternatif tindakan bantuan bagi kelas menengah yang tertekan (termasuk pembayaran bonus sebesar US $ 630 bagi mereka yang menderita penurunan pendapatan sebesar 30%) gagal mencegah pemungutan suara pensiun. Rancangan undang-undang sekarang masuk ke senat, di mana akan membutuhkan tiga per lima mayoritas untuk disahkan. Itu mungkin bisa dicapai jika sejumlah senator Chili Vamos mengikuti jejak deputi pemberontak dalam koalisi yang berkuasa. Piñera telah memperdebatkan reformasi bertahap dari sistem pensiun yang diprivatisasi, tetapi ada dukungan politik yang berkembang agar sistem tersebut dibongkar sepenuhnya.

Protes dan Covid

Kembalinya protes jalanan terjadi di saat kekhawatiran yang terus berlanjut atas evolusi pandemi virus corona di Chili. Menteri Kesehatan Enrique Paris mengatakan protes itu berisiko bagi kesehatan masyarakat dan mengganggu upaya untuk menguji, melacak, dan melacak virus.

Paris memang menyoroti beberapa kemajuan dalam kampanye untuk mengendalikan Covid-19. Kasus baru yang dilaporkan pada 14 Juli berjumlah 1.712, jumlah harian terendah sejak 12 Mei. Infeksi kumulatif mencapai 321.205, dengan kematian total 7.186.

Mengandung virus

Sebelum protes jalanan yang diperbarui, Santiago telah menyelesaikan sembilan minggu karantina bergulir dengan keberhasilan yang relatif, mengurangi jumlah kasus. Pemerintah, bagaimanapun, prihatin atas tingkat infeksi yang tinggi di bagian utara negara itu, termasuk Antofagasta, Arica, dan Parinacota.